Minggu, 01 Juni 2014

Fotosintesis

I.  TINJAUAN PUSTAKA
Fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat dari karbondioksida dan air dengan bantuan sinar matahari, tumbuhan mampu melakukan fotosintesis karna mempunyai sel-sel yang mengandung klorofil. Dalam fotosintesis, energi cahaya matahari di serap oleh klorofil dan di ubah menjadi energi kimia yang di simpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lainnya ( Wasis, 2007 ).
Proses fotosintesis terjadi pada pigmen fotosintesis. Tanpa pigmen tersebut, tmbuhan tidak mampu melakukan fotosintesis. Secara keseluruhan, fotosintesis terjadi pada kloroplas yang mengandung pigmen klorofil. Pada tumbuhan, fotosintesis dapat terjadi pada batang, ranting, dan daun yang mengandung kloroplas. Klorofil merupakan pigmen fotosintesis yang paling utama ( Ferdinan P, 2007 ).
Fotosintesis atau asimilasi karbon merupakan proses konversi energi cahaya menjadi energi kimia. Daun merupakan organ pertama dalam tubuh tumbuhan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Pada kloroplas terjadi tranfortasi energi, yaitu energi cahaya sebagai energi kenetik berubah menjadi energi kimia sebagai energi potensial berupa ikatan senyawa organik pada glukosa ( Jati, 2007 ).
Pada bagian depan telah dibahas tentang fotosintesis, yaitu proses pembentukan senyawa organik dari bahan anorganik yang berlangsung dalam tubuh tumbuhan berklorofil. Proses fotosintesis ini menggunakan sumber energi cahaya matahari. Selain itu, setelah pula di bahas bahwa fotosintesis melalui tahapan-tahapan, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap yang berlangsung di stroma dan grana kloroplas (Susilowarno, 2007 ).
II.  PEMBAHASAN
Fotosintesis adalah suatu proses biokimia anabolisme, pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari.
Tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
 Beberapa factor yang mempengaruhi laju fotosintesis terutama cahaya, konsentrasi karbondioksida, suhu, oksigen, air, dan klorofil.  Cahaya, merupakan sumber energi untuk fotosintesis. Energi cahaya yang diserap oleh tumbuhan tergantung pada intensitas sumber cahaya, panjang gelombang cahaya, dan lama penyinaran. Pada batas-batas tertentu, semakin tinggi intensitas cahaya matahari maka semakin banyak energi cahaya yang diserap oleh klorofil, sehingga laju fotosintesis meningkat. Cahaya matahari dengan intensitas terlalu tinggi akan menimbulkan keruskan pada klorofil. Konsentrasi Karbondioksida, kenaikkan karbondioksida harus sesuai dengan intensitas cahaya. Jika konsentrasi karbondioksida tidak mencukupi laju fotosintesis akan turun. Apabila konsentrasi karbondioksida ditingkatkan pelan-pelan maka laju fotosintesis akan meningkat hingga pada tingkat tertentu. Suhu, mempengaruhi kerja enzim untuk fotosintesis. Bila suhu naik 10 , kerja enzim meningkat dua kali lipat. Hal ini terjadi pada suhu tertentu, bila suhu terlalu tinggi, justru merusak enzim. Kebanyakan tumbuhan mengadakan fotosintesis dengan baik pada kisaran suhu 10 35 . Oksigen, kenaikan kadar oksigen dapat menghambat fotosintesis karena oksigen merupakan komponen untuk respirasi. Oksigen akan bersaing dengan karbondioksida untuk mendapat hidrogen. Air, tumbuhan yang kekurangan air akan layu,. Jika daun layu, stomata cenderung menutup. Akibatnya difusi karbondioksida dari udara terhambat. Kandungan klorofil, daun yang menguning berarti kadar klorofil berkurang. Ini akan menurunkan laju fotosintesis. Tumbuhan memerlukan sejumlah ion anorganik tertentu untuk membuat pigmen klorofil. Ion itu adalah Mg (Magnesium) dan N (Nitrogen).
Pada uji praktikum photo sintesis pertama, dapat kita lhat bahwa daun yang tertutup oleh alumunium foil tidak terjadi photosintesis terlihat pada saat di rebus dan di beri cairan logol, terlihat berubah warna menjadi gelap, itu bertanda bahwa daun yang di tutupi oleh sesuatu tidak terjadi fotosintesis.

menit

1
2
3
4
5
Jumlah gelembung
2
14
17
8
6










III.  PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari percobaan yang di akukan dapat di tarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1. Fotosintesis adalah suatu proses biokimia anabolisme, pembentukan zat makanan atau energi.
2. Fotosintesis terjadi pada  jaringan parenkim palisade dan jaringan spons.
3. factor yang mempengaruhi fotosintesis adalah cahaya, konsentrasi karbondioksida, suhu, oksigen, air, dan klorofil.
4. Tumbuhan memerlukan sejumlah ion anorganik tertentu untuk membuat pigmen yaitu Mg (Magnesium) dan N (Nitrogen).
5. Tumbuhan mampu melakukan fotosintesis karna mempunyai sel-sel yang mengandung klorofil.
B. Saran
Praktikum biologi saya menyarankan agar bahan dan alat di perbaharui,setelah lama melakukan praktikum di mhon kepada asisten dapat membantu permasalahan setiap kendala praktikan dalam hal praktikum. Mungkin itu saja, setidaknya saya minta maaf atas smua kesalahan saya, terima kasih.



DAFTAR PUSTAKA
Ferdinan P, Fictor. 2007. PRAKTIS BELAJAR BIOLOGI. Visio Media Persada, Jakarta.
Jati, Wijaya.2007. BIOLOGI INTERAKTIF KLS XII IPA. Azka Press, Jakarta.
Susilowarno, Gunawan.2007. BIOLOGI SMA/MA KLS XII (DIKNAS). PT Grafindo, Jakarta.
Wasis.1994. ILMU PENGETAHUAN ALAM. PT Gramedia, Jakarata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar